5 Jenis Mie Jepang yang Lezat

Mie salah satu makanan inti di banyak budaya terhitung Jepang. Banyak masakan Jepang memakai mie jadi bahan penting, seperti Ramen serta Udon. Beberapa toko kecil, restoran, serta bahkan juga penjualan makanan sepanjang festival dipenuhi oleh semua type mie. Jadi apapun sajian mie terpopuler serta lezat di Jepang?
1. Ramen

f:id:hokiasia-1:20190802150443j:plain

Ramen (ラ ー メ ン) ialah sajian sup mie yang datang dari Cina. Mie dibikin dari gandum serta diberikan dalam mangkok dengan beberapa topping, seperti Chashu (potongan daging babi), Menma (rebung), telur rebus lembut atau semacam rumput laut. Kecap atau miso seringkali dipakai dalam sup untuk membuat lebih lezat. Ada beberapa macam ramen, umumnya semasing wilayah mempunyai style ramen sendiri.
Type yang paling popular ialah:
• Shoyu (醤 油, Soy Sauce), dengan kaldu ayam berwarna bening serta sup kecap. Ramen ini seringkali memakai daging jadi topping, seperti daging babi, sapi atau ikan.
• Miso (味噌, Soybean Paste), sup ramen diberi bumbu dengan pasta kedelai (miso) serta kaldu ayam atau ikan berminyak yang ditujukan untuk menghangatkan badan Anda. Ramen ini datang dari Hokkaido, serta pas untuk cuaca dinginnya.
• Feature ramen Shio (塩, Garam) ialah sup mudah dengan kaldu bening. Umumnya, dia memakai kaldu ayam dengan beberapa garam. Daging umumnya ditambah lagi jadi topping, seperti daging babi atau sapi, serta narutomaki.
• Tonkotsu (豚 骨, Tulang Babi), datang dari Kyushu. Kaldu berwarna putih keruh, terbuat dari tulang babi yang sudah di rebus sampai larut.


2. Udon
Udon (う ど ん) ialah type mie Jepang dengan struktur tebal yang terbuat dari tepung gandum. Umumnya, mereka diberikan panas dalam sajian simpel (Diketahui jadi kake udon) atau kaldu rasa Kaketuyu. Kaketuyu ialah kombinasi dashi, kecap, serta mirin. Beberapa topping ditambah lagi seperti tempura, daun bawang cincang, rumput laut, serta telur rebus. Tiap wilayah mempunyai langkah berlainan untuk menyediakan udon, wilayah dingin seperti Hokkaido seringkali memakai semakin banyak kecap serta kaldu berminyak untuk jaga badan masih hangat.
Udon yang popular ialah:
• Kari Udon, mie udon digabungkan dengan kari Jepang. Udon ini paling pas untuk musim dingin.
• Tempura Udon, umumnya diberikan dengan kaldu panas serta tempura jadi toppingnya.


3. Soba

f:id:hokiasia-1:20190802150447j:plain

Mie soba (そ ば) terbuat dari gandum serta setebal spageti. Sajian ini bisa diberikan panas dalam sup mie atau dingin dengan saus celup. Berlainan dari sajian mie yang lain yang terkadang cuma musiman, sajian Soba ada selama tahun sebab gandum bisa dipanen 4x satu tahun. Soba popular di semua daerah Jepang serta bisa dengan gampang diketemukan di banyak toko kecil serta restoran. Mie soba ada berbentuk kering di supermarket, atau di toko online.


4. Yakisoba
Yakisoba (焼 き そ ば) terbuat dari gandum. Itu datang dari Cina serta jadi popular di Jepang. Mie Yakisoba diberikan panggang atau digoreng digabung dengan daging, sayuran, serta dihiasi dengan jahe merah. Sajian mie ini bisa dengan gampang diketemukan sepanjang festival Jepang.


5. Somen

f:id:hokiasia-1:20190802150458j:plain

Mie somen terbuat dari tepung putih. Mereka lebih kurus dari Udon serta Soba. Sōmen umumnya diberikan dingin dengan tsuyu (saus Celup). Sepanjang musim panas, beberapa wanita kedinginan serta dikonsumsi di hari yang panas supaya masih dingin.
Ada adat unik di Jepang berkaitan dengan somen. "Nagashi Somen", atau aksi tangkap mie somen yang mengalir di air lewat selokan bambu dengan sumpit, serta mencelupkannya ke kaldu dingin sebelum makan.